Arema FC Geser Persib Bandung & Persebaya Surabaya

By ommed


nusakini.com - Arema FC menutup laga mereka di Seri 3 dengan kemenangan setelah mengalahkan Borneo FC 2-1 pada pertandingan pekan ke-16 Liga 1 2021/22 di Stadion Moch Soebroto, Jumat (10/12) malam WIB.

Ini menjadi laga terakhir Arema di Seri 3, karena duel pekan ke-17 melawan TIRA Persikabo ditunda ke awal Januari 2022. Kemenangan itu membawa Arema menempati peringkat dua klasemen sementara dengan nilai 33 menggusur Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Sedangkan Borneo FC tertahan di posisi ketujuh dengan 25 poin.


Borneo FC dan Arema mengawali pertandingan dengan tempo lambat dan hati-hati. Kedua tim sepertinya tidak ingin kecolongan di menit awal, sehingga tidak cepat mengalirkan bola ke pertahanan lawan.

Skema permainan yang diperlihatkan Borneo dan Arema ini membuat bola lebih sering berkutat di sektor tengah. Praktis tidak ada ancaman serius yang membuat penjaga gawang kedua tim harus bekerja keras.

Selepas laga berjalan setengah jam, Arema mencoba peruntungan melalui set-piece. Rizky Dwi Febrianto melepaskan tendangan bebas di menit ke-38, tapi melenceng di sisi kanan gawang Gianluca Pandeynuwu.

Borneo FC membalasnya dengan skema serupa dua menit menjelang babak pertama berakhir. Kali ini, tendangan Wawan Febrianto berhasil ditepis kiper Adilson Maringa, sehingga skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.


Irama permainan Borneo FC dan Arema meningkat di babak kedua untuk memecahkan kebuntuan. Arema memberikan ancaman lewat set-piece di menit ke-53, tapi tendangan bebas Bagas Adi ditepis Gianluca.

Selang satu menit kemudian, Rifad Marasabessy sempat melakukan gol bunuh diri, namun Borneo FC terhindar dari ketertinggalan 1-0, karena M Rafli dianggap melakukan pelanggaran dengan menggerakkan tangan seolah ingin mengeplak bola tendangan bebas Bagas Adi.

Arema akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-67 dengan memanfaatkan set-piece. Tendangan bebas Bagas Adi berhasil ditepis Gianluca, tapi bola muntah disambut sundulan Carlos Fortes yang menjebol gawang Borneo FC.


Namun kegembiraan Arema hanya bertahan dua menit. Pasalnya, Borneo FC mampu menyamakan kedudukan ketika umpan silang Sihran Amarullah dari sisi serangan disambut tandukan Fransisco Torres. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

Set-piece Arema menjadi momok bagi Borneo FC. Skema ini membuat Borneo FC kembali tertinggal, karena Gianluca gagal menghentikan bola tendangan bebas Fortes yang masuk ke dalam gawangnya.

Borneo FC mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan lagi saat terjadi kemelut di kotak penalti Arema. Tapi tendangan Torres dari jarak dekat berhasil ditepis Maringa, sehingga skor 2-1 untuk keunggulan Arema bertahan sampai peluit panjang ditiupkan wasit. (gi/om)